Friday, August 5, 2016

Bahaya Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat


Bahaya Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat

Bahaya Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat -Masih banyak orang yang tidak tahu mengenai dampak dari pintu kulkas yang tidak rapat, banyak sekali kerusakan kulkas disebabkan oleh pintu kulkas yang tidak rapat, bisa juga karena pintu kulkas dibiarkan terbuka lama, semakin lama pintu dibiarkan terbuka, maka semakin besar juga kemungkinan terjadinya kerusakan. 

Setelah anda mengambil sesuatu dari dalam kulkas, usahakanlah untuk segera menutup kembali pintu serapat mungkin, pintu kulkas yang tidak rapat haruslah menjadi perhatian lebih, karena jika tidak, ini akan menimbulkan masalah kerusakan.

Jika terjadi kerusakkan pada pintu seperti karet pintu yang rusak, maka segeralah untuk di perbaiki, anda bisa meminta bantuan kepada penyedia jasa service kulkas panggilan terdekat di tempat anda.

Lalu apa saja bahaya nya?

1. Bunga es atau pembekuan pada freezer ( pada kulkas 2 pintu atau lebih) 

Pintu yang dibiarkan terbuka atau tidak rapat akan menyebabkan penumpukan es di dalam evaporator, dan ini biasanya sebagai indikasi awal bahwa bimetal kulkas mengalami kerusakan, jika bimetal tidak bekerja maka otomatis defrost heater pemanas di dalam freezer juga tidak akan bekerja, karena pada proses pencairan es peran defrost heater sangatlah penting.


2. Beban listrik berlebih, jika pintu terbuka atau kurang rapat, maka kerja kulkas pun semakin besar.

Normalnya jika pintu kulkas dalam keadaan baik, maka kerja mesin kompresor pada kulkas pun akan normal, bebarapa saat kompresor berhenti dan berjalan kembali, namun jika pintu tidak rapat, maka kompresor akan berjalan terus menerus tanpa henti, temperatur dingin tidak akan terdeteksi oleh thermostat maupun defros fuse kulkas, akibatnya kompresor terus bekerja dan akan menyebabkan kerusakan fatal seperti kompresor jebol atau paling tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat lainnya.
3. Tidak dingin, dingin pada kulkas akan berangsur angsur hilang, ini disebabkan adanya gangguan sistem kerja dari kulkas.

Tidak dingin ini dapat disebabkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni karena adanya kerusakan pada perangkat elektronik di dalam kulkas, seperti kerusakan bimetal,defrost heater,fuse,thermostat, atau yang paling parah adalah akan merusak mesin kulkas,yaitu kompresor.

4. Kotoran bahkan binatang kecil seperti semut akan masuk, celah yang terbuka akan memungkinkan kotoran bahkan semut dapat masuk ke dalam kulkas.

Ini sangat memungkinkan, ketika pintu tidak tertutup rapat maka akan ada banyak kotoran yang masuk, seperti debu atau juga binatang kecil seperti semut, kotoran dan semut atau binatang lainnya akan masuk melalui celah pintu yang tidak tertutup rapat tadi, dan ini jelas berbahaya bagi kesehatan karena sangat mengganggu kebersihan isi kulkas, terutama jika di dalamnya terdapat banyak makanan,.

Perhatikan penggunaan kulkas anda sebaik mungkin, hindari kesalahan pemakaian yang dapat menyebabkan kulkas anda rusak,karena kebanyakkan kerusakan kulkas di sebabkan oleh penggunaan yang tidak sesuai.

Artikel Terkait

Bahaya Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

10 komentar

November 10, 2016 at 12:16 AM delete

nice info
http://www.sanken.co.id/1/3/produk/home-appliances/dispenser-air.html

Reply
avatar
June 19, 2017 at 11:27 PM delete

Mau tanya...kulkas saya 2 pintu tp yg untuk es batu tutup tdk rapet sml trus jd lm dinginny skr dan body kanan kiri menjadi panas sekali...saya ud matikan dlu dan dibersihkan msh seperti itu...ap yg hrs saya lakukan klo saya paksA nyalakAn bisa berbahaya ga

Reply
avatar
November 27, 2017 at 8:54 PM delete

kalo mau beli karet kulkas biasa nya ada dimana ya gan belinya?

Reply
avatar
December 3, 2017 at 5:25 PM delete

kalau pintu karet biasanya di kenari banyak,...kenari jakarta pusat

Reply
avatar
December 3, 2017 at 5:29 PM delete

untuk ibu nitha zalfaa - sebaiknya pintu selalu rapat..jika sudah terlanjur matikan saja dahulu setidaknya 6 jam,, lebih bagus seharian.

Reply
avatar
April 28, 2018 at 6:35 AM delete

Lemari es pintu bawah semalaman tdk rapat.. Lgsg otomatis mati... Setelah ditutup rapat kemudian nyala lg. Tp tdk dingin. Bgmn solusiny.

Reply
avatar
August 8, 2018 at 6:18 AM delete

Bru beli kulkas 2 harii lupa tutup pintu seharian pas saya tutup tiba tiba samping kanan kiri kulkas jadi adem ...Terus saya copot listrik aj

Reply
avatar
February 15, 2019 at 2:34 PM delete

Saya baru beli lemari es side by side tp karet pintu brgelombang trus kluar embun trus apakah harus d tuker, trimakasih

Reply
avatar
May 30, 2019 at 7:01 PM delete

Saya ingin bertanya mengenai kulkas 2 pintu. malem pintu kulkas bawa tidak tertutup sampai pagi, lalu pagi ditutup kembali setelah 4 jam ternyata tidak dingin2, apanya yg rusak?t
erimakasih.

Reply
avatar
May 1, 2020 at 5:48 PM delete

Saya lupa menutup pintu kulkas semalaman setelah itu kulkas berbunyi terus dan tidak dingin solusi nya gimana ya

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.